Technique of Persuasion

Nama               : Lisa Virgiyanti

NPM                 : 14612229

Class                : 1SA04

Mata Kuliah : Penulisan Bahasa Iklan

a. Stacking

Alasan mengapa produk atau layanan itu bagus. contoh nya adalah Iklan JNE, dalam iklan ini menampilkan bahwa produk JNE sanggup melayani sampai kampung terkecil dan cepat, selain itu produk JNE jug dalam hal customer service paling cepat dan mudah untuk dihubungi.

b. Repetation

membuat produk atau pelayanan nya meninggalkan kesan bagi konsumen. Contoh nya iklan Tory Cheese Creaker di iklan ini ada seorang perempuan yang menggerakan perlvis nya dan berjoged serta di belakang nya terdpat 2 orang pria berotot yang berjoged seperti itu sambil bernyanyi tori cheese creaker berulang kali, iklan ini meninggalkan kesan lucu bagi para konsumen yang menonton.

c. Slogan

Mengidentifikaiskan produk atau pelayanan dengan ide produk tersebut, contoh nya adalah slogan iklan Axis, Internet untuk Rakyat yang artinya internet murah dapat diakses berbagai kalangan masyarakat dengan harga yang terjangkau, untuk mendukung slogan itu axis melakukan promo lewat iklan televisi yang menampilkan orang-orang dari berbagai kalangan tua-muda, miskin-kaya berjoget merayakan kebebasan karna mendapatkan layanan internet dengan harga yang merkyat.

d. Logo

Mengidentifikasikan produk atau layanan dengan sebuah simbol, contoh nya logo dari POS Indonesia di Logo ini terdapat burung merpati dan bola bumi. Burung merpati melambangkan kegiatan perusahaan yang mengantarkan barang ke tempat tujuan, warna orange melambangkan semangat dan bola bumi melambangkan jangkauan pelayanan perusahaan yang berarti Logo Pos Indonesia berarti bahwa mereka siap mengantarkan barang anda ke seluruh dunia.

e. Snob Appeal

Menghubungkan produk atau layanan dengan kepribadian dan gaya hidup, contoh nya adalah

f. Cause and Effect

Menggunakan produk atau layanan ini dapat membuat masalah anda menghilang, contoh iklan Albothyl Concentrate. Sariawan merupakan salah satu penyakit yang sering diderita dan membuat kita malas untuk makan, berbicara bahkan melakukan aktivitas seperti biasa karna ini albothyl concentrate adalah jawabannya karna manfaat Albothyl Concentrate adalah sebagai Obat kumur pencegah sariawan dan bau mulut, Sakit gigi, Luka di kulit (luka jatuh / luka bedah / luka terpotong / luka sayat / luka bakar), Pembersih vagina, Infeksi vagina & keputihan.

g. Emotional Appeal

Yang menggunakan perasaan untuk menjual produk seperti (perasaan kasian, patriotisme, ketakutan, kebahagian dll), contoh nya iklan maspion di iklan ini disebutkan bahwa  ”Cintailah produk-produk Indonesia!”. Maspion memang perusahaan lokal yang terkenal dengan produk alat-alat elektronik keperluan rumah tangga mulai dari setrika, blender, kipas angin sampai AC. Dengan melihat iklan ini membuat konsumen tergerak atau menggugah hati para konsumen untuk lebih mencintai dan membeli produk dalam negeri.

h. Praise Appeal

Konsumen akan mendapatkan ekstra untuk harga yang sama, contoh iklan slimming tea, di iklan ini disebutkan pada pembelian slimming tea reguler 30’s anda akan mendapatkan gratis slimming tea reguler 15’s

i. Testimonial

Seseorang yang mempromosikan sebuah produk biasanya tokoh terkenal seperi artis ataupun tokoh yang mempunyai pengaruh. Di iklan Top Kopi ini menggunakan beberapa tokoh seperti Iwan Fals, Nikita Willy, dan salah seorang Master Kopi, dengan iklan seperti ini dapat mendorong masyarakat untuk membeli Top Kopi karna mungkin salah satu tokoh idola mereka ada dalam iklan tersebut.

j. Sex Appeal

Produk ini akan meningkatkan pesona seksualitas anda, contoh iklan Parfum Axe bidadari, di dalam iklan ini ada seorang pria yang memakai parfum axe dan tiba-tiba mulai muncul wanita cantik dan sexy yang menghamipirinya.

k. Bandwagon

l. Confusion

Konsumen dibuat bingung oleh iklan nya dan menarik perhatian konsumen, contoh nya iklan permen mintzz, dalam iklan ini ada model lak-laki dan narasi yang datar yang lucu dan menarik, iklan ini cukup mendapat perhatian dari konsumen dan membuat bingung.

m. Techical Jargon

menggunakan jargon yang  mudah diingat untuk menarik konsumen, contoh nya jargon dari teh botol “Apa pun makanan nya minum nya Teh Botol Sosro”, maksud iklan ini dimana, apapun dan kapan pun yang anda makan tetap untuk soal minuman teh botol sosro, jargon ini sangat dikenal dan diingat oleh konsumen.

n. Transfer

Menghubungkan produk dengan ide yang mungkin atau tidak berhubungan dengan produk nya, contoh nya iklan rokok Djarum 76 versi takut istri dari iklan ini sebenarnya tidak ada hubungan nya sama sekali dengan produk yang dijual.

o. Plain Folks

iklan ini mempromosikan produk nya dengan mengajak banyak orang misalnya iklan mizone city project di iklan ini dengan mizone membuat kita lebih bersemangat, setting iklan ini adalah kereta api yang biasanya orang-orang disana tampak kelelahan dan kecapean namun dengan semangat mizone semuah berubah.

p. Glittering Generality

Membuat kesan yang mendalam dan menarik bagi masyarakat, misal nya iklan XL 1000 mawar untuk marwan, iklan ini sangat menarik dan meninggalkan kesan pada masyarakat.

q. Avante Garde

Dengan menggunakan produk ini dapat mendapatkan kelebihan misalnya garansi, contoh nya adalah lampu philips, di iklan ini menawarkan garansi dan penukaran lampu.

r, Facts and Figure

Memapilkan fakta yang terbukti dan informasi yang faktual mengenai produk tersebut, contoh iklan Pengharum badan Casablanca Body Spray kemasan 65ml, dapat mengharumkan dan menyegarkan seluruh badan kita sehingga dapat meningkatkan penampilan kita lebih percaya diri lagi.

s. Weasle words

Menyarankan hal yang positiv mengenai produk tanpa garansi, cara penyampaian nya dengan humor dan konsumen dapat tertarik, contoh nya adalah iklan sensodyne ada seorang dokter yang merekomendasikan sensodyne untuk gigi yang sensitiv

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s